KOTA LAMA, MALIOBORO-NYA SURABAYA

 TUGAS MY HOLIDAY

S1 MANAJEMEN

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA 


KOTA LAMA SURABAYA

Kota Lama Surabaya pada dasarnya muncul karena segmentasi wilayah yang dilakukan oleh Hindia Belanda di Zaman penjajahan. Pada saat itu ada 4 zona yang dibentuk, yaitu kawasan Eropa untuk orang Hindia Belanda, Pecinan untuk orang keturunan Cina, Ampel untuk orang Timur Tengah dam Melayu.

Di era Hindia Belanda, Surabaya menjadi pusat perdagangan berbagai komoditas diperjualbelikan di kawasan ini. Mulai dari karet, cokelat, dan sebagainya, maka jangan heran jika menemui nama-nama jalan disekitar Kota Lama Surabaya dengan sebutan jalan karet dan jalan cokelat.

Di kawasan Kota Lama Surabaya bisa melihat gedung-gedung dengan arsitektur Eropa yang megah, antara lain Gedung Internatio yang dibangun pada 1929 oleh biro arsitek AIA (Algemeen Ingenieurs en Architecten Bereau), Gedung De Javasche Bank yang bergaya arsitektur Neo Renaissance  yang berusia lebih dari 190 tahun. Di gedung inilah Kantor Cabang Perbankan pertama di Surabaya.

Kini Kota Lama Surabaya dapat di sebut sebagai Malioboro-nya Surabaya, kawasan yang baru-baru ini diresmikan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 03 Juli 2024 lalu dapat dengan cepat menjadi pusat perhatian warga Surabaya maupun luar Surabaya. Kota Lama Surabaya dapat menjadi Destinasi Wisata sekaligus tempat mengenal Sejarah Surabaya (Indonesia) yang dapat dikunjungi dengan keluarga, sahabat, pasangan, dll. 

Tak heran jika banyak yang ingin berkunjung di tempat tersebut karena dapat digunakan untuk spot foto, juga dapat mengenal sejarah Surabaya (Indonesia). Ramainya pengunjung di Sabtu Malam Minggu juga bisa menguntungkan UMKM yang ada di sekitaran Kota Lama Surabaya.





                                            



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDONESIA EMAS (MANDIRI DAN BERSATU DALAM NILAI GOTONG ROYONG YANG BERINTEGRITAS)

Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa

Proses Registrasi Administrasi Keuangan dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik